Tempatnya Artikel Yang Mungkin Sangat Berguna Untuk Anda

Tuesday, May 23, 2017

Pempek Kapal Selam

loading...





Pempek adalah makanan khas dari daerah Palembang yang nama dan rasa-nya tidak asing lagi di lidah kita.Lalu kini saya ingin memberikan sedikit resep dan rahasia cara pembuatan pempek kap-sel {kapal selam} yang saya peroleh dari berbagai sumber,sebagai berikut.


Bahan-bahan ;
v 500 gr,daging ikan tenggiri (ikan gabus/belida pipih)
v 400 gr,tepung tapioka/kanji
v 25 gr,tepung terigu
v 1 butir,telur ayam (kocok)
v 100 cc air putih
v 1 sdm(sendok makan), garam halus
v Telur ayam secukup-nya untuk bahan isi

Cuko/kuah pempek kap-sel (kapal selam) ;
v 1000 gr,gula merah
v 3 sdt (sendok teh),air asam jawa (cuka)
v 2000 cc,air putih
v 200 gr,bawang putih
v Cabai rawit menurut selera
v Garam halus secukup-nya


Cara membuat ;

a)    500 gr,daging ikan tenggiri dihaluskan lalu ini dia rahasia-nya “bekukan di kulkas selama ± 30 menit”.
b)   Campur 25 gr,tepung terigu + 100 cc,air putih + 1 sdm,garam halus.Lalu aduk rata hingga adonan mengental.
c)    Setelah itu keluarkan daging ikan tenggiri yang telah dibekukan dari kulkas.Diamkan sebentar biar lunak dan tidak keras lagi.kemudian campur dengan 1 butir telur ayam (kocok) + air putih secukup-nya.Lalu aduk hingga tercampur rata.
d)   Lalu campurkan daging ikan tenggiri {yang sudah di campur telur & air},kedalam adonan tepung terigu dan aduk hingga rata.
e)   Berikut-nya secara perlahan-lahan {sedikit-sedikit},masukan 400 gr tepung tapioka/kanji ke dalam adonan sambil di aduk rata.Namun jangan terlalu lama mengaduk-aduk,sebab akan membuat pempek menjadi keras (ini sangat tidak kita harapkan).
f)     Kemudian bentuk adonan menjadi bulat sebesar bola tenis,lalu tekan tengah-nya dengan tangan sampai berbentuk mangkuk kecil dan isi dengan  telur ayam yang telah di kocok {boleh juga telur yang utuh} secukup-nya.setelah itu rapatkan adonan dengan cara menekan-nekan katup “mangkuk” dengan ujung jari hingga tertutup rapat.lakukan sampai semua adonan habis terbentuk.
g)    Lalu rebus adonan yang telah terbentuk kedalam air mendidih yang sudah di campur minyak goreng secukup-nya {agar andonan tidak saling lengket} hingga matang/mengambang diatas permukaan air.Lalu angkat dan tiriskan.
h)   Kemudian saat-nya menggoreng pempek kap-sel (kapal selam).Gorenglah secukup-nya (empat atau lima biji) agar tidak saling lengket,hingga matang.


Membuat cuko/kuah pempek kap-sel (kapal selam) ;
a)    Rebus 1000 gr gula merah + 3 sdt air asam jawa (cuka) ke dalam 2000 cc air putih hingga gula merah larut.
b)   Haluskan 200 gr bawang putih dan cabai rawit.Lalu masukan kedalam air rebusan gula + air asam jawa (cuko).Rebuslah selama ± 20 menit.


Pempek kap-sel {kapal selam} siap disajikan dengan cara;
Potong-potong pempek kap-sel {kapal selam} yang telah di goreng lalu siram dengan cuko/kuah,tambahkan potongan mentimun dan mie kuning.

No comments:

Post a Comment