Tempatnya Artikel Yang Mungkin Sangat Berguna Untuk Anda

Tuesday, May 23, 2017

Resep Martabak Telor

loading...



    Martabak telur ialah makanan yang terbuat dari bahan isian telur kocok,daun bawang,dan daging.Kemudian dibalut dengan adonan yang terbuat dari tepung terigu,berbentuk seperti kulit lumpia basah.Lalu digoreng dan di sajikan bersama saus-nya.Selain itu,terdapat berbagai macam jenis martabak telur dari yang biasa (original),spesial,yaitu martabak isian daging sapi dan telur bebek,yang terbuat dari bahan-bahan makanan pokok sehari-hari kita,seperti martabak tahu,yaitu martabak telur yang berisikan tahu (tofu),martabak berbahan mie atau isian dari mie kuning ataupun putih (bihun atau shoun),dan masih banyak lagi.Itu semua disesuaikan menurut selera sipembuat (penjual) dan pembeli atau penikmat martabak telur sebagai konsumennya.
Berikut ini kami akan berikan sebuah resep martabak telur biasa (original),yaitu martabak telur yang biasa kita jumpai dan dijual oleh pedagang di pinggir jalan maupun dikios-kios dan restoran.Kalau begitu,mari kita ikuti cara dari resep martabak telur yang akan tim http://minizona884.blogspot.com  berikan dibawah ini.

Martabak Telur original

Pertama-tama kita sediakan bahan untuk kulit martabak telur ;
   100 gr,tepung terigu
   80 ml,air putih (matang)
   2 sdm (sendok makan),telur ayam/bebek kocok
   1 sdm (sendok makan),minyak goreng/margarin cair
   Garam secukup-nya
   Sediakan minyak goreng untuk merendam secukup-nya

Bahan isi ;
   300 gr,daging giling
   4 butir,telur ayam/bebek
   6 sdm (sendok makan),bawang bombay {yang telah di iris}
   4 siung (biji),bawang putih {haluskan}
   1 batang lagi daun bawang di iris {dicampurkan pada saat menumis daging giling}
   1 sdt (sendok teh),bumbu kari bubuk
   Merica halus/bubuk secukup-nya
   Garam halus secukup-nya
Pelengkap ;
   2 butir telur ayam/bebek
   4 batang daun bawang {di iris}

Bahan saus ;
   2 sdm (sendok makan),air matang
   2 sdm (sendok makan),kecap asin
   1 sdm (sendok makan),saus tomat
   1 sdm (sendok makan),sambal botol {bisa diganti irisan cabai rawit hijau}
   1sdt (sendok teh),air asam jawa
   Garam & gula pasir secukup-nya {sesuai selera}

Cara membuat kulit martabak telur ;
1)   Campurkan 100 gr tepung terigu + 1 sdm minyak goreng/margarin cair + 2 sdm telur kocok + garam halus secukup-nya.kemudian tambahkan 80 air putih {matang} sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan menjadi kalis {licin,lembut,& elastis}.
2)   Setelah itu bagi 2 adonan dan bulatkan lalu isi wadah dengan minyak goreng dan rendam selama 1-2 jam.
3)   Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua kedalam minyak goreng dan 1 berikut-nya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak,lalu tempatkan dalam wadah kosong dan ditutup dengan kain/serbet.

Cara membuat isi martabak ;
·        Tumis 6 sdm irisan bawang bombay & 4 biji bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum.kemudian masukkan 300 gr daging giling + 1 sdt bumbu kari bubuk + 1 batang daun bawang yang sudah di iris + merica halus/bubuk dan garam halus secukup-nya.
·        Kemudian aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut.Angkat,bagi 2 dan sisihkan.
·        Setelah itu kocok 4 butir telur ayam/bebek,buat orak-arik setengah matang.lalu di bagi 2.

Setelah bahan kulit & isi jadi.Kini saat-nya kita membuat martabak telur ;
Diatas meja,ambil-lah 1 adonan kulit,pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga adonan menjadi agak lebar.Pegang kedua ujung adonan,angkat,lalu putar dari sisi kiri kekanan,kemudian hempaskan ke meja.Lakukan berulang-ulang hingga adonan menjadi tipis.Siapkan wadah/mangkuk.Kemudian isi dengan 1 butir telur lalu dikocok.tambahkan tumisan daging,orak-arik telur,irisan daun bawang yang telah dibagi dua.tambahkan juga merica & garam halus secukup-nya,lalu aduk-aduk hingga rata.
Untuk adonan kulit yang kedua,kerjakan dengan cara yang sama dengan adonan kulit yang pertama,begitu juga untuk isi-nya.Setelah itu panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar,masukkan adonan kulit yang telah ditipiskan.Lalu tuangkan bahan isian ditengah-nya,lipat bagian pinggir kulit ke arah tengah,hingga tertutup rapat,goreng hingga matang.jangan lupa di bolak-balik agar matang-nya merata.Angkat dan sajikan selagi hangat.

Kemudian buat saos-nya ;
Campur semua bahan saos menjadi satu.Lalu aduk rata dan saos siap untuk dihidangkan bersama martabak telur.

Demikian cara dan resep martabak telur kali ini.Selamat mencoba di rumah,sajikan martabak telur yang enak dan nikmat sebagai hidangan untuk Keluarga tercinta.Terima kasih dan sampai jumpa di resep menu berikut-nya.

No comments:

Post a Comment